Cara Buat Neon Box Sendiri dari Rangka Kayu

Neon box merupakan alat promosi yang efektif, menampilkan pesan atau merek Anda dengan terang dan menarik perhatian untuk khalayak. Neon box biasanya terbuat dari bahan seperti akrilik atau aluminium. Namun, membuat neon box sendiri dari rangka kayu bisa menjadi alternatif yang lebih ekonomis dan tetap menarik.

Tahukah Anda? dengan sedikit kreativitas dan tutorial yang tepat, kita bisa membuat neon box sendiri (DYI) dengan mudah lho. Selain menghemat biaya, juga bisa menyesuaikan desain neon box sesuai keinginan.

Baca: keunggulan neon box

Cara Buat Neon Box Sendiri dari Kayu
Cara Buat Neon Box Sendiri dari Kayu

Tutorial Cara Membuat Neon Box Sendiri dari Rangka Kayu

Artikel ini akan memandu Anda langkah demi langkah untuk membuat neon box sendiri dari rangka kayu, dengan penjelasan yang mudah dipahami. Cekidottt

Alat dan Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai pekerjaan ini, pastikan Anda sudah menyiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan. Berikut adalah daftar lengkapnya:

  • Kayu: Papan kayu atau kayu lapis untuk rangka.
  • Lampu LED strip: Pilih LED strip yang tahan lama dan mudah dipasang. Harga juga murah. Bisa beli online disini
  • Adaptor dan kabel listrik: Untuk menghubungkan lampu LED ke sumber listrik.
  • Cat atau pelitur kayu: Untuk memberikan tampilan akhir yang menarik.
  • Kuas atau roller: Untuk aplikasi cat atau pelitur.
  • Gergaji: Gergaji tangan atau gergaji listrik untuk memotong kayu.
  • Bor dan mata bor: Untuk membuat lubang sekrup.
  • Obeng: Untuk memasang sekrup.
  • Paku atau sekrup: Untuk merakit rangka kayu.
  • Penggaris atau meteran: Untuk mengukur kayu.
  • Pensil: Untuk menandai kayu.
  • Amplas: Untuk menghaluskan permukaan kayu.
  • Kaca akrilik atau mika: Sebagai penutup depan neon box.

Persiapan Awal

Langkah pertama dalam pembuatan neon box adalah melakukan persiapan awal. Ini termasuk mengukur dan menyiapkan ruang kerja Anda serta memastikan semua alat dan bahan yang dibutuhkan sudah tersedia.

  1. Siapkan Ruang Kerja: Pastikan Anda memiliki area kerja yang cukup luas dan terang. Sebaiknya, bekerja di area yang berventilasi baik untuk menghindari terhirupnya debu kayu saat gergaji atau asap dari cat.
  2. Cek Alat dan Bahan: Periksa kembali daftar alat dan bahan yang sudah disiapkan. Pastikan semuanya dalam kondisi baik dan siap digunakan.

Membuat Desain Neon Box

Sebelum mulai memotong dan merakit kayu, Anda perlu membuat desain neon box yang jelas. Desain ini akan menjadi panduan dalam proses pembuatan.

  1. Tentukan Ukuran dan Bentuk: Sesuaikan ukuran dan bentuk neon box dengan kebutuhan Anda misal 2×2 m, 2×1 m, atau lainnya. Buat sketsa desain di atas kertas, termasuk posisi lampu LED dan penutup depan.
  2. Gambar Sketsa Detail: Buat sketsa detail dari setiap sisi rangka kayu, termasuk ukuran panjang, lebar, dan tinggi. Ini akan membantu Anda dalam proses pemotongan dan perakitan kayu.
Contoh desain neon box
Contoh Desain Neon box

Memotong dan Menyiapkan Kayu

Setelah desain selesai, langkah berikutnya adalah memotong dan menyiapkan kayu sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan.

  1. Ukur dan Tandai Kayu: Gunakan penggaris atau meteran untuk mengukur panjang dan lebar setiap potongan kayu sesuai sketsa desain. Tandai dengan pensil.
  2. Potong Kayu: Potong kayu sesuai dengan tanda yang telah dibuat menggunakan gergaji tangan atau gergaji listrik. Pastikan potongan kayu sesuai ukuran dan sejajar.
  3. Amplas Kayu: Setelah semua potongan kayu siap, amplas permukaan kayu hingga halus. Hal ini penting agar cat atau pelitur dapat menempel dengan baik dan memberikan hasil akhir yang rapi.

Merakit Rangka Kayu

Dengan semua potongan kayu siap, saatnya merakit rangka kayu menjadi bentuk neon box.

  1. Susun Potongan Kayu: Susun potongan kayu sesuai desain, membentuk bingkai kotak.
  2. Pasang dengan Paku atau Sekrup: Gunakan paku atau sekrup untuk menghubungkan setiap sisi bingkai. Pastikan semua sudut terpasang dengan kokoh dan sejajar. Jika menggunakan sekrup, gunakan bor untuk membuat lubang kecil terlebih dahulu agar kayu tidak retak.
  3. Pasang Bagian Belakang: Pasang potongan kayu bagian belakang pada bingkai yang telah Anda buat. Bagian ini akan menjadi tempat pemasangan lampu LED.

Pengecatan dan Finishing Rangka Kayu

Setelah rangka kayu terpasang dengan kokoh, langkah berikutnya adalah pengecatan atau pelitur untuk memberikan tampilan akhir yang menarik.

  1. Pilih Warna Cat atau Pelitur: Pilih warna cat atau pelitur yang sesuai dengan desain dan tempat di mana neon box akan dipasang.
  2. Aplikasi Cat atau Pelitur: Gunakan kuas atau roller untuk mengaplikasikan cat atau pelitur secara merata pada rangka kayu. Biarkan setiap lapisan mengering sebelum mengaplikasikan lapisan berikutnya.
  3. Biarkan Mengering: Biarkan rangka kayu yang telah dicat atau dipelitur mengering sempurna sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

Instalasi Lampu LED

Lampu LED adalah komponen penting dalam neon box. Disini kami sarankan menggunakan LED strip biar hemat biaya. Berikut langkah-langkah untuk memasangnya.

  1. Pasang Lampu LED Strip: Tempelkan lampu LED strip di dalam bingkai kayu sesuai dengan sketsa desain. Pastikan lampu LED terpasang rapi dan tidak longgar.
  2. Hubungkan ke Adaptor dan Kabel Listrik: Hubungkan lampu LED dengan adaptor dan kabel listrik. Pastikan semua koneksi listrik terpasang dengan aman dan tidak ada kabel yang terkelupas.
  3. Uji Coba Lampu LED: Sebelum melanjutkan, uji coba lampu LED dengan menyambungkannya ke sumber listrik. Pastikan semua lampu menyala dengan baik dan merata.

Menyiapkan Penutup Depan Neon Box

Penutup depan neon box bisa terbuat dari kaca akrilik atau mika, yang akan melindungi lampu LED dan menampilkan desain atau tulisan yang ingin Anda promosikan.

  1. Potong Kaca Akrilik atau Mika: sesuai ukuran bingkai neon box.
  2. Buat Desain atau Tulisan: Jika Anda ingin menambahkan desain atau tulisan, gunakan stiker, cat, atau bahan lainnya untuk menghias kaca akrilik atau mika.
  3. Pasang Penutup Depan: pada bingkai dengan menggunakan sekrup atau paku kecil. Pastikan penutup terpasang dengan kokoh dan rapi.

Pengujian dan Finishing Akhir

Langkah terakhir adalah melakukan pengujian akhir dan memberikan finishing touch pada neon box.

  1. Sambungkan ke Sumber Listrik: Sambungkan neon box ke sumber listrik dan nyalakan lampu LED. Periksa apakah semua lampu berfungsi dengan baik.
  2. Periksa Kekokohan: Periksa kembali kekokohan setiap sambungan rangka kayu dan penutup depan.
  3. Finishing Touch: Berikan finishing touch jika diperlukan, seperti menambahkan hiasan tambahan atau memperbaiki cat yang terkelupas.

Demikian cara membuat neon box sendiri dari rangka kayu. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

YouTube video
YouTube video

Video Cara membuat neon box sendiri dari rangka kayu. Doc Youtube Kangmo

Tips dan Trik untuk Hasil Terbaik

Untuk mendapatkan hasil terbaik, berikut beberapa tips dan trik yang bisa Anda terapkan:

  • Gunakan Kayu Berkualitas: Pilih kayu dengan kualitas baik agar neon box lebih tahan lama dan kokoh.
  • Pastikan Koneksi Listrik Aman: Selalu periksa keamanan koneksi listrik untuk menghindari risiko korsleting.
  • Kreatif dengan Desain: Jangan ragu untuk berkreasi dengan desain neon box Anda agar lebih menarik dan sesuai dengan tema atau merek yang ingin dipromosikan.
  • Bersihkan Secara Rutin: Bersihkan neon box secara rutin agar tetap terlihat menarik dan lampu LED tetap berfungsi dengan baik.

Kesimpulan

Membuat neon box sendiri dari rangka kayu bukanlah tugas yang sulit jika Anda mengikuti langkah-langkah di atas dengan teliti. Dengan sedikit usaha dan kreativitas, Anda bisa menciptakan neon box yang unik dan menarik, serta sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain lebih ekonomis, membuat neon box sendiri juga memberikan kepuasan tersendiri karena hasil karya tangan Anda sendiri.

Kami ASTRO Synergy, perusahaan advertising di Bali siap bekerjasama jika Anda butuh pengadaan neon box dalam jumlah besar dan dipasang di seluruh wilayah Bali. Silakan hubungi tim kami dibawah ini

KONTAK

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 2

No votes so far! Be the first to rate this post.

Leave a Comment